Tips Mencari Informasi di Google

14 10 2009

Ketika kita mengetikkan kata kunci di Google, tentu kita mengharapkan bahwa informasi yang kita cari akan segera ketemu. Namun kenyataannya tidak selamanya seperti itu. Sering kali kita baru menemukan informasi tersebut setelah kita capek mengklik tombol Next pada search engine.

Yah, maklum saja biasanya Google menampilkan hasil pencarian yang terlalu banyak. Terlalu pintar ya mungkin si Google ini sehingga apa saja yang terkait dengan kata kunci yang kita ketikkan akan ditampilkan.

Adakah cara yang lebih efektif agar hasil pencarian yang ditampilkan oleh Google lebih akurat?

Berikut ini beberapa tips gimana caranya mengoptimalkan hasil pencarian di Google.

1. Beri Tanda Kutip

Penambahan tanda kutip di awal dan akhir kumpulan kata berarti meminta Google mencari kumpulan kata yang persis sama dengan yang kita ketikkan. Hal tersebut menjadikan tanda kutip sangat bermanfaat ketika kita mencari informasi yang berkaitan dengan nama orang atau ungkapan.

2. Mencari di Situs Tertentu

Kita bisa membatasi hasil pencarian untuk situs tertentu saja. Caranya yaitu dengan menambahkan kata site: diikuti nama situs yang dimaksud.

Misalnya kita ingin mencari informasi tentang “rumah makan” di situs Detik.Com, maka kita bisa mengetikkan:

"rumah makan" site:detik.com

3. Mencari Dokumen dengan Tipe Tertentu

Ada kalanya kita hanya ingin mencari dokumen dengan tipe tertentu, misalnya html, pdf, doc, dan sebagainya. Caranya mudah sekali, yaitu dengan menambahkan kata filetype: diikuti ekstensi dokumen yang dimaksud.

Misalnya:

internet howto filetype:pdf

4. Mencari Dokumen Berdasarkan Judulnya

Kalau kita cermati hasil pencarian yang ditampilkan oleh Google, pasti setiap dokumen yang ditemukan memiliki judul. Nah, kita bisa menggunakan judul tersebut untuk menampilkan hasil pencarian yang lebih akurat. Caranya dengan mengetikkan intitle: diikuti kata kunci yang dimaksud.

Misalnya:

intitle:"internet howto"

5. Mencari Dokumen Berdasarkan URL

Selain judul, kita bisa juga mencari informasi berdasarkan kata yang terdapat pada URL-nya. Caranya dengan mengetikkan kata inurl: diikuti kata kunci yang dimaksud.

Misalnya:

inurl:"internet howto"

6. Mencari Definisi Kata

Jika kita hanya ingin mencari definisi kata atau ungkapan tertentu saja, bisa dipakai kata define: diikuti kata atau ungkapan yang dimaksud.

Misalnya:

define:"domain name"

7. Mencari Gambar

Anda ingin mencari gambar di Internet? Klik “Images” di atas kotak pencarian, ketikkan yang Anda mau maka Google akan mencarikan foto atau gambar dalam database-nya.

8. Mencari Buku Online

Carilah suatu topik di books.google.com maka Anda akan melihat informasi tentang buku-buku aktual yang telah dipindai dan diindeks oleh Google. Anda dapat membaca seluruh teks buku tersebut asalkan karya yang bersangkutan tidak dilindungi hak cipta.

9. Mencari Berita

Google News yang bisa diakses melalui link “News” di atas kotak pencarian menyediakan informasi terkini dalam bidang politik, bisnis, teknologi, hiburan, olahraga dan sebagainya.

10. Mencari Jurnal Ilmiah

Jika Anda adalah peneliti atau mahasiswa, Anda bisa mengambil informasi dari ribuan jurnal ilmiah dan akademik menggunakan Google Scholar. Ketikkan kata yang Anda inginkan ke dalam kotak pencarian di scholar.google.com untuk mendapatkan abstrak dan makalah dari sumber-sumber yang menerbitkan makalah yang dimaksud.

11. Informasi Cuaca

Ketikkan weather diikuti dengan nama kota, maka Google akan memberitahukan keadaan saat ini di bagian atas hasil pencarian.

Misalnya:

weather jakarta

Anda memiliki tips menarik lainnya?


Actions

Information

Leave a comment